Agustus 11, 2012

Cara Mudah Merangkai Boneka Danbo

Diposkan oleh Ufi Mar'iyatus Shifa di 11:56 PM
Tau Boneka Danbo kan? Itu lho Boneka kardus asal Jepang, Danbo (Dan Board) adalah boneka yang diproduksi dengan teknologi canggih. walaupun kelihatannya sederhana, harga boneka ini nggak main-main lho, di Jepang boneka imut ini di Jual sekitar 5000 Yen atau kalo di rupiahin ya kurang lebih 500.000-an lah. 
Well, langsung aja.. kita bahas gimana cara merangkai Boneka Danbo ini. Sebelumnya siapin dulu nih... 
1. Blue Print danbo ( Bisa Dicari di google search) 2. lem 
3. Cutter/Gunting (Beberapa menyarankan biar kita pake cutter karena konon hasilnya lebih rapi).





 langsung ke step step-stepnya ya....
Step 1 :
Baca Bismillah ya.. karena kemungkinan gagalnya kalo baru nyoba lebih banyak!!
#Pengalaman, (LOL)
Step 2 (Tangan) :
Susun kerangka 16 berdasarkan garis yang udah ada, rekatin pake lem. itu adalah bagian tangannya, Setelah sepasang tangan boneka danbo siap pasang kerangka nomor 3 diujung lengan danbo yang bolong, then, langsung aja kita ke kerangka nomor 09, 06 dan 07, tiga kerangka ini bakalan bertugas jadi engsel boneka danbo yang ngegerakin tangannya. pertama kerangka nomor 06 dipotong sesuai garisnya terus direkatkan kedua ujungnya biar melingkar. setelah kerangka nomor 06 membentuk lingkaran pasang sepasang lingkaran kerangka 07, inget ya, disitu ada dua engsel lho! setelah silinder kerangka udah jadi, rekatkan sepasang kerangka nomer 09, kalo udah masukin silinder ke kerangka nomer 09.
gitulah ya.. ada gambarnya kan?
kalo udah, bisa deh pasang engsel yang udah jadi kebagian lengan yang tadi...
gambar jelas = (gambar keempat dari kiri)
Step 3 (kaki) :
kerangka 17 dipotong sesuai polanya ya, abis itu rekatkan lagi kayak pola nomor 06 tadi, kalo udah tutup lubang silindernya pake lingkaran kerangka nomor 05. after that, rekatkan kerangka nomor 03, setelah dua-duanya jadi dekatkan lalu pasang lingkaran di tengahnya setelah itu tutup pake sisa kertas yang menjulur ya!!
notes: jangan rekatkan kertas yang menjulur ke lingkaran! rekatkan seperlunya aja biar kaki bisa digerakkan.
well, the feet is ready!
Step 4 (Badan) :
Potong kerangka nomor 08, jangan lupa lubangi dulu lingkarang-lingkaran putih yang ada didalemnya. nantinya lingkaran itu yang bakal nentuin si lengan bisa muter atau nggak. setelah lengannya udah berlubang, siapin kerangka nomor 10,11,18 dan 19. liatkan? di kerangka nomor 10 dan 18 ada tanda silang ditengahnya? potong tanda itu pake cutter, pastinya dalam bentuk yang menyilan ya...
kita liat gambar nomor hitam putih diatas ya, masukin lingkaran nomor 10di lingkaran paling besar pada badan (dari dalam) ingat! posisi lidah atau hasil potongan segi empatnya keluar dan dilem ya, baru deh tutup lingkaran bagian lidah yang menjulur itu make lingkaran kerangka nomor 11. dan lakukan hal yang sama ke 2 lubang kecil dan kerangka nomor 18 dan 19.
Step 5 (Leher) :
potong kerangka nomor 02, rekatkan! setelah direkatkan pesti ada bagian yang bentuknya setengah lingkaran. well isi bagian itu dengan merangkai kerangka nomor 15 kayak kerangka nomor 06 dan tutup lubang silindernya pake kerangka nomor 14. abis itu pasang dek kerangka nomor 12 di kedua ujung leher buat nutupin lingkaran , sebelum itu bentuk berdasarkan lipatannya dulu. lem salah satu ujung leher ini sama lingkaran dibagian badan yang paling gede ya...
Step 6 (Kepala) :
bentuk kepala sesuai pola, lem deh.. abis iturekatkan kepala atau pasang aja juga boleh ama bagian leher...
Step 7 (Sambung!!) :
step ini paling simple sih sebenernya... cuma rekatkan lengan ke badan, terus pasang kaki ke badan juga... inget!! pasang lengannya kebagian yang ada lingkarannya di kanan kiri.kalo kaki menurutku sih terserah, karena itu bisa nentuin tinggi boneka juga, intinya bisa gerak deh..
Setelah semuanya rekat berarti Boneka danbo kita jadi deh.... :)

ini nih.. sample Boneka danbo buatan aku... :)





My DanbO expression,  Broken Heart


















1 komentar:

nadianadia7 mengatakan...

Keren gan... "Nice :D
Eh iya gan, cara mencetak tulisan "amazon.co.jp nya gmna y ?

Poskan Komentar

 

'The BiGGer DreamS' Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review